Senin, 26 Maret 2012

Alasan pemerintah menaikkan harga BBM

Seputar pembuatan minyak, pernah pikir kenapa sih bensin itu mahal?

1. Harga minyak mentah dunia meroket bung, lebih dari 100 dollar per barrel. Indonesia memang penghasil minyak, tapi tau gak kalo yang nguasain tambang" itu kebanyakan perusahaan luar? (Chevron dll) jadi kalo Pertamina mau olah itu minyak juga harus beli!! Makanya harga minyak mentah pengaruh banget ma harga bensin kita. Kita juga impor arabian crude oil buat produksi pelumas dan lilin serta aspal.

2. Pengolahan crude jadi bensin itu mahal. Selain repot, harus di destilasi dan di striping, dia juga buth reforming *penaikan bilangan oktan* biar oktannya sesuai. Dan itu MAHAL. Membutuhkan katalis (satu drum = 300 juta) padahal d reaktor ada sekitar 700 m3 katalis yang berarti bisa ratusan drum. Dan itu diganti tiap bulan minimal 1 drum. Belum lagi butuh daya besar untuk membangkitkan energi untuk jalanin pabrik.

Pemerintah sudah sangat meminimalisir kenaikan harganya
Jadi kalo harga menjadi 6000an per liter itu udah MURAH. Ya bayangin aja. Harga mentahnya aja 100 dollar per barrel (1 barrel = 160 liter) 1 liternya 5600 rupiah,itu 
belum diolah. Harusnya harga bensin itu 11000an agar pabrik untung. Emang kita disubsidi sama pemerintah, tapi apa iya mau manja2an mulu? Gak malu? Udah manja2an, masih 
protes2 juga..

Kalo gak tau gimana susahnya buat bensin gak usah berkoar2 protes kenaikan BBM. Yang bekoar2 itu jangankan ngerti cara buat bensin..pengertian bensin itu sendiri aja belum tentu paham..